Pantai Sodong Cilacap, Vitamin Sea di Era New Normal

Pantai Sodong Cilacap

Akhirnya!

Setelah lama aku ngga ke pantai (terakhir kayaknya waktu ke Bali tahun 2018 wqw) dan ngga main bareng Chen Chen. Jadilah kita memutuskan untuk ketemu. Biasanya kita ketemu di Purwokerto kan. Tapi, untuk kali ini beda guys. Gantian kita yang main ke Cilacap nyusulin Resta. 


Kota Cilacap merupakan Kota di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Kidul atau lebih tepatnya Samudera Hindia. Maka dari itu, Kota Cilacap juga dikenal dengan banyaknya pantai yang dimiliki. 

Selain itu Cilacap juga dikenal karena adanya Pulau Nusakambangan, yang dijadikan salah satu penjara di Indonesia. Nah, salah satu pantai di Cilacap yang bisa dijadikan referensi adalah Pantai Sodong. 

Kenapa Pantai Sodong? Karena tempatnya ngga jauh dari rumah Resta dan masih sepi (katanya). xixi

Lokasi Pantai Sodong

Pantai Sodong Cilacap

Pantai Sodong terletak di Desa Karang Benda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Pantai ini belum terlalu dikenal oleh banyak masyarakat. Khususnya masyarakat luar daerah Cilacap. Hal tersebut membuat suasana Pantai Sodong ini cukup sepi jika dibandingkan dengan pantai terkenal di Cilacap lainnya.

Apalagi di era new normal covid-19 seperti sekarang ini. Beberapa orang memang masih memilih untuk mengkarantina dirinya di rumah masing-masing. Hehe. Ditambah lagi kita kesana saat masih pagi. Sehingga masih benar-benar sedikit pengunjung.

Sebelum sampai di pantainya, kita akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang rimbun yang tertanam dipinggiran jalan menuju ke pantai. Selain itu, terdapat juga tebing-tebing. Terlihat seolah pantai sodong ini berada di balik bukit.

Transportasi menuju Pantai Sodong Cilacap

Pantai Sodong Cilacap

Pantai Sodong ini lokasinya mudah ditemukan (iya, soalnya aku sama temen yang asli sana. haha). Buat yang belum tau atau belum pernah, bisa gunakan Google Maps atau Apple Maps. Untuk askes kendaraan, dapat menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Pake sepeda juga asik, jika tempat tinggalnya dekat pantai tapi. hehe. 

Harga Tiket Pantai Sodong Cilacap

Harga tiket Pantai Sodong sangat terjangkau. Satu motor (dua orang) hanya dikenakan biaya Rp.13.000,-. Ditambah dengan biaya parkir Rp.3.000,-. Wwkkw. Murah banget kan! Sangat mendukung buat temen-temen yang lagi butuh Vitamin Sea. Cocok buat kalian yang lagi kangen sama aroma air laut kek aku. wkkw.

Tips Wisata Pantai Sodong Cilacap

1. Install Google Maps/Apple Maps di Handphone

Untuk lebih memudahkan diri kita sendiri, akan lebih menggunakan Google Maps atau Apple Maps. Karena selain akan merekomendasikan jalur terdekat menuju ke lokasi, hal ini juga dapat mengantisipasi kita untuk salah jalan. Hehe. 

2. Siapkan Karpet atau Alas Duduk

Agar lebih hemat, jika kita perginya beramai-ramai (lebih dari satu orang) bareng keluarga atau teman-teman, lebih menyenangkan jika kita duduk bersama-sama di Karpet. Wkwkw. Biar keliatan piknik guys! Daripada sewa tempat duduk kan ya.. kecil juga tempat duduknya jadi ngga muat banyak, mending pake karpet.

3. Membawa Bekal

Menurut pengamatanku, disana juga banyak warung-warung yang jual makanan, minuman maupun snack ringan. Tapi jika kalian ragu dengan menu makanannya (maksudnya belum tentu sesuai dengan selera atau harapan kalian) lebih baik bawa bekal makanan dan minuman sendiri. Jadi kalian ngga akan takut kelaparan, dan makanan pun akan sesuai dengan selera kalian.

4. Membawa Kantong Plastik

Kenapa harus membawa kantong plastik kosong? Karena selama disana aku tidak menemukan tong sampah. wkwkw. Nah kantong plastik kosong ini digunakan untuk "mengepul" sampah kalian. Tissue, bungkus makanan, botol minuman dll. Biar ngga berserakan di pinggir pantai guys! Sayang banget kalo banyak sampah. Soalnya pantainya masih lumayan bersih.

5. Tidak Berenang di Pantai

Ke Pantai kok ngga berenang. Sayang banget! Iya.. soalnya di Pantai Sodong menurutku ombaknya tuh rada tinggi dan tidak beraturan. Bisa pasang tiba-tiba. Wkwkw. Dan belakangnya juga kan langsung Samudera Hindia lepas. Beda sama teluk penyu, yang ada Pulau Nusakambangan. Jadi lebih baik menahan diri untuk berenang. Kalo mo niat berenang beneran, mending ke kolam renang aja guys biar lebih aman.

Nah itu adalah singkat cerita dan sedikit tips dari aku. Buat temen-temen yang lagi Need Vitamin Sea tingkat dewa tapi masih was-was karena masih di era covid-19, Pantai Sodong bisa menjadi pilihan untuk mengobati rindu kalian mengirup aroma air laut. Huhu.. 

Maaf jika ada informasi atau kata-kata yang kurang tepat. See you!

Pantai Sodong Cilacap

Pantai Sodong Cilacap


0 komentar