INFORMASI PENTING SEPUTAR TES TOEFL

INFORMASI PENTING SEPUTAR TES TOEFL

Assalamu'alaikum semuanya. Semoga kalian semua selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. 

Di tulisan kali ini, aku bukan mau bahas review ya sist. Tapi mo nyoba ngasih beberapa informasi singkat dan ringkas untuk kalian semua yang lagi mau persiapan TOEFL. Sekalian aku belajar juga hehe. Jadi abis baca terus ngrangkum disini. wqw.

Tulisan ini diambil dari buku Strategi Jitu Meraih Skor TOEFL 600 dalam 1 Bulan karya Yusup Priyasudiarja  (Professional TOEFL Trainer & Test Administrator).

TOEFL itu apa sih?

TOEFL adalah Test Of English as a Foreign Language. Tes ini dipakai secara luas sebagai tes standar untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam ranah akademis. Tes TOEFL digunakan sebagai tes standar atau prasyarat masuk ke perguruan tinggi di Indonesia baik untuk jenjang S2 maupun S3, bahkan sekarang dipakai juga sebagai prasyarat kelulusan untuk jenjang pendidikan S1.

Apa saja jenis-jenis TOEFL?

Jenis TOEFL berkembang dari waktu ke waktu. Namun, untuk sekarang, orang mengenal dua jenis TOEFL yaitu Paper-Based Test (PBT) dan Internet-Based Test (IBT). Sedangkan untuk Computer-Based Test (CBT) sekarang sudah tidak digunakan lagi. 

Persyaratan tes TOEFL di beberapa perguruan tinggi di Indonesia masih menggunakan Paper-Based Test, terutama TOEFL ITP (Institutional Testing Program) yang dikelola oleh ETS (English Testing System).

Apa perbedaan antara TOEFL, TOEIC, dan IELTS?

  • TOEFL merupakan kependekan dari Test of English as a Foreign Language. Digunakan untuk tujuan akademik, yakni sebagai prasyarat akademik untuk mengikuti program pendidikan S2 atau S3. Serta sebagai prasyarat kelulusan untuk jenjang pendidikan S1 di beberapa perguruan tinggi.
  • TOEIC merupakan kependekan dari Test of English for International Communication. TOEIC biasanya digunakan dalam ranah bussines English dan bukan sebagai prasyarat akademik di perguruan tinggi. Dalam perusahaan biasanya digunakan untuk tujuan promosi karyawan atau merekrut karyawan baru.
  • IELTS merupakan kependekan dari International English Language Testing System. Hampir sama dengan TOEFL, IELTS juga merupakan tes berstandar international yang digunakan sebagai prasyarat akademik untuk mengikuti program-program pendidikan di perguruan tinggi di Australia, UK dan beberapa negara di Eropa.

Berapa skor target kamu?

Target TOEFL disesuaikan dengan perguruan tinggi yang kamu inginkan. Temen-temen bisa mencari informasi atau menanyakan ke bagian akademik perguruan tinggi tentang prasyarat minimal skor TOEFL. Karena, masing-masing perguruan tinggi mempunyai kebijakam masing-masing.

Beberapa contoh yang aku tau. Misalnya untuk masuk di Sekolah Pascasarjana UGM Fakultas MIPA dengan Program Studi Ilmu Komputer minimal skor TOEFL 450. Atau di Unsoed Fakultas Ekonomi & Bisnis Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) syaratnya minimal skor TOEFL 450. 

Temukan kelebihan dan kekurangan kita.

Kenapa harus tau kelebihan dan kekurangan kita? karena pada saat tes TOEFL kita harus mengenal kemampuan kita. Mana bagian yang saya kuasai dan mana yang kurang. 

Misalnya kita kurang menguasai Listening, tapi sangat bisa menguasai Structure atau Reading. Sehingga, kita akan lebih fokus untuk belajar Listening.

Apa saja jenis-jenis soal yang diujikan?

Dalam TOEFL terdapat 3 bagian yang diujikan yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension
  • Bagian Listening menguji kemampuan untuk memahami bahasa percakapan (spoken English).
  • Bagian Structure and Written Expression menguji kemampuan dalam memahami tentang berbagai bahasa.
  • Bagian Reading Comprehension menguji kemampuan dalam memahami isi bacaan ilmiah.

Nah!! itulah beberapa informasi yang aku rangkum. Untuk informasi lebih lengkap terkait TOEFL atau yang sedang melakukan persiapan untuk tes TOEFL, temen-temen bisa beli buku panduan tentang TOEFL atau bisa mengikuti kelas di lembaga-lembaga kursus Bahasa Inggris. Kek misal EF (English First), British Council, LBPP LIA, ILP (International Language Program) dll.

Yap. Thank's for reading. And see you on the next post!

0 komentar