5 Aktivitas Produktif yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAja versi KUSKUS

Salah satu dampak pandemi covid-19 adalah "dirumahkannya" para karyawan. Dan aku adalah salah satu dari sekian puluh ribu manusia di Indonesia yang merasakan itu. Hahaha. Oleh karena itu, sesuai dengan himbauan pemerintah untuk melakukan segala aktivitas dirumahpun aku patuhi.

Sempet bingung apa yang harus dilakukan ketika berada di rumah selama 24 jam. Karena biasanya dari 24 jam waktu yang aku punya dalam sehari, aku habiskan 8 jam bekerja di kantor, 2 jam perjalanan dari rumah-kantor kantor-rumah, dan kurang lebih 7 jam untuk tidur. Jadi, aku waktu yang tersisa selama aku di rumah hanya 7 jam ketika weekdays.


Nah.. disini aku coba merangkum aktivitas produktif apa aja yang aku lakukan saat #DiRumahAja :

1.  Olahraga

#DiRumahAja

Olahraga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Olahraga juga dipercaya dapat mengurangi tingkat kestresan seseorang, serta dapat menyehatkan sistem kerja jantung dan paru-paru.

Berhubung aku rumahnya di desa, jadi aku masih bisa melakukan jalan sehat muter komplek. Ngga jauh-jauh yang penting berkeringat. Setelah jalan sehat biasanya aku lanjutkan dengan workout dirumah sekalian berjemur.  

2. Membaca

5 Aktivitas Produktif yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAja
Sebenernya membaca adalah salah satu hobyku. Selama kurang lebih 3 minggu aku di rumahkan, aku sudah menghabiskan 3 buku. Jadi, kurang lebih dalam satu minggu aku membaca 1 buku. Sedikit sih. hehe. Selain bacaan buku fisik, aku juga punya rekomendasi buat temen-temen untuk bacaan yang online. Yaitu ada wattpad (bisa kalian download di appstore atau playstore) dan free e-book (salah satu contohnya, bisa kalian download disini).

Oh ya, untuk buku-buku yang pernah aku baca. Segera akan aku review dan aku posting blog ini. Salah satu postingan yang berisi tentang review buku adalah Fall Into Oblivion :(. 

3. Menulis

5 Aktivitas Produktif yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAja
Buat aku, menulis merupakan salah satu wujud pelarian sempurna. Entah saat senang, sedih, kecewa, jenuh dan stres. Dengan menulis, waktu berlalu terasa begitu cepat. Karena, aku hanya akan terfokus dengan apa yang sedang aku tulis. 

Menulis juga bisa menjadi sumber penghasilan. Apalagi disaat sekarang aku sedang dirumahkan dan tentu saja tidak punya penghasilan. Kalian bisa menulis di blog sepertiku. Atau mungkin kalian bisa menulis di media online dan bahkan menerbitkan buku. 

4. Belajar

5 Aktivitas Produktif yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAja
Belajar yang aku maskud ini yaitu bukan belajar yang kayak di sekolah-sekolah gitu ya sist. Tapi, lebih tepatnya yaitu belajar untuk mengembangkan diri, mencoba hal baru, meningkatkan level keahlian, dan bahkan dapat menambah portofilo atau curiculum vitae.

Beberapa contoh yang dapat dilakukan yaitu:

- mengikuti webinar (kalian bisa cek akun instagram Good News From Indonesia) atau sesuai dengan minat bakat kalian.
- short course online (kalian bisa cek Pelatihan Prakerja atau cek instagram Mau Belajar Apa.

5. Memasak

5 Aktivitas Produktif yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAja
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang bisa dikatakan sudah menjadi aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan bagi perempuan. Tapi kalo untuk aku sendiri, memasak merupakan hal baru. Karena memang aku tidak pandai dalam dunia permasakan. 

Memasak bisa menjadi langkah efektif untuk melakukan hoby yang sering kalian tinggalkan karena kesibukan yang padat. Kalian bisa membuat masakan dengan mengikuti siaran resep memasak, membuat kue lebaran, ataupun membuat menu makanan atau minuman yang sedang hits. 

Jadi gitu temen-temen, beberapa aktivitas produktif yang bisa kalian lakukan di rumah selama quarantine days ini. Jangan hanya rebahan dan bermalas-malasan. Usahakan untuk tetap bergerak ya. Agar imun tubuh tetap terjaga. 

Oh ya, yang lagi nyari referensi tempat kongkow bareng temen setelah pandemi coronces ini berakhir, kalian bisa cek 10 Tempat Nongkrong Asik di Purwokerto.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441H, Mohon Maaf Lahir Batin. See you next time!

0 komentar